Friday, June 3, 2011

MARKETING MIX

Marketing Mix
Dalam teori pemasaran, untuk  memasarkan suatu produk  memerlukan Strategi Marketing Mix yang mencakup 4P, yakni : product, price, place dan promotion telah diakui manfaat dan efektivitasnya oleh para praktisi pemasaran  (McCarthy, 1981).  Kemudian untuk jasa, ahli marketing  menambahkan marketing mix dengan tiga hal yaitu people, process dan customer service, sehingga menjadi  : (1) Product, jasa atau produk seperti apa yang ingin ditawarkan. Produk merupakan keseluruhan konsep objek atau proses yang memberikan sejumlah nilai manfaat kepada konsumen. Perlu diperhatikan dalam produk adalah konsumen tidak hanya membeli fisik dari produk itu saja, tetapi membeli benefit dan value dari produk tersebut yang disebut the offer. Terutama pada produk jasa yang kita kenal tidak menimbulkan beralihnya kepemilikan dari penyedia jasa kepada konsumen. Pembahasan tentang produk berarti yang menjadi focus utama adalah kualitas. Untuk jasa kualitas sangat bergantung pada reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Marketer harus dapat mengembangkan value tambahan dari produknya selain basic features-nya supaya dapat dibedakan dan bersaing dengan produk lain, dengan kata lain memiliki image tersendiri; (2) Price, bagaimana strategi penentuan harga. Strategi penentuan harga (pricing) sangat signifikan dalam pemberian value kepada konsumen dan mempengaruhi image produk, serta keputusan konsumen untuk membeli. Pricing juga berhubungan dengan pendapatan dan turut mempengaruhi supply atau marketing channels. Akan tetapi, yang paling penting adalah keputusan dalam pricing harus konsisten dengan strategi pemasaran secara keseluruhan. Untuk memutuskan strategi dalam pricing harus diperhatikan tujuannya. Tujuan pricing tersebut antara lain survival, profit maximization, sales maximization, prestige dan ROI ; (3) Promotion, bagaimana promosi yang harus dilakukan. Perlu diperhatikan dalam promosi adalah pemilihan bauran promosi (promotion mix). Promotion mix terdiri atas advertising, personal selling, sales promation, public relation, word of mouth dan direct mail.  Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapa pun berkualitasnya suatu produk atau jasa, bila konsumen belum pernah mendengarkannya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna bagi konsumen, maka konsumen tidak akan pernah membeli dan memanfaatkannya. Pada hakikatnya promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran. Komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. ; (4) Place, bagaimana sistem pengantaran (delivery system) yang akan ditetapkan. Place dalam service merupakan gabungan antara lokasi dan keputusan atas saluran distribusi. Dalam hal ini, perlu berhubungan dengan bagaimana cara penyampaian jasa kepada konsumen dan di mana lokasi yang strategis. ; (5) People, tipe kualitas dan kuantitas orang yang akan terlibat dalam pemberian jasa. Dalam pemasaran jasa, people yang berfungsi sebagai service provider sangat mempengaruhi kualitas jasa yang diberikan. Keputusan dalam people ini sangat berarti sehubungan dengan seleksi, training, motivasi, dan manajemen sumber daya manusia. Untuk mencapai kualitas yang terbaik, pegawai harus dilatih untuk menyadari pentingnya pekerjaan mereka, yaitu memberikan konsumen kepuasan dalam memenuhi kebutuhannya. Pentingnya people dalam pemasaran jasa berkaitan erat dengan internal marketing. Internal marketing adalah interaksi atau hubungan antara setiap karyawan dan departemen dalam suatu perusahaan yang dalam hal ini dapat diposisikan sebagai internal customer dan internal supplier. Tujuannya adalah untuk mendorong people dalam kinerja memberikan kepuasan kepada konsumen.; (6) Process, bagaimana proses dalam operasi jasa tersebut. Proses merupakan gabungan semua aktivitas, umumnya terdiri atas prosedur, jadwal pekerjaan, mekanisme aktivitas, dan hal-hal rutin di mana jasa dihasilkan dan disampaikan kepada konsumen. Proses dapat dibedakan dalam dua cara sebagai berikut : complexity, berhubungan dengan langkah-langkah dan tahap dalam proses;  divergence, berhubungan dengan adanya perubahan dalam langkah atau tahap proses; (7) Customer Services, tingkat service yang bagaimana yang akan diberikan kepada konsumen. Customer service pada pemasaran jasa lebih dilihat sebagai outcome dari kegiatan distribusi dan logistik, dimana pelayanan diberikan kepada konsumen untuk mencapai kepuasan. Customer service meliputi aktivitas untuk memberikan kegunaan waktu dan tempat (time and place utilities) termasuk pelayanan pra-transaksi, saat transaksi dan pasca-transaksi. Kegiatan sebelum transaksi akan turut mempengaruhi kegiatan pendahuluannya harus sebaik mungkin sehingga konsumen memberikan respons yang positif dan menunjukkan loyalitas yang tinggi.  

1 comment:

  1. Casino of the Night in Downtown Las Vegas
    Casino of the 목포 출장샵 Night 서울특별 출장샵 in Downtown Las Vegas is an ideal venue for a night out. View detailed 하남 출장안마 photos, reviews and 충청남도 출장마사지 information for 안동 출장안마 Casino of the Night in Downtown Las

    ReplyDelete