Wednesday, April 18, 2012

KUALITAS PELAYANAN

Kualitas Pelayanan
Melalui serangkaian penelitian terhadap berbagai macam industry jasa, Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1985) berhasil mengidentifikasi sepuluh dimensi pokok kualitas jasa: 1. Reliabilitas (performance) 2. Responssivitas 3. Kompetensi 4. Akses 5. Kesopanan (courtesy) 6. Komunikasi 7. Kredibilitas 8. Keamanan (security) 9. Kemampuan memahami pelanggan 10. Bukti fisik (tangibles). Namaun dalam riset selanjutnya, Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988) menemukan adanya overlapping diantara beberapa dimensi diatas. Oleh sebab itu, mereka menyederhanakan sepuluh dimensi tersebut menjasi lima simensi pokok. Kompetensi, kesopanan, kredibilitas, dan keamanan disatukan menjadi assurance (jaminan). Sedangkan akses, komunikasi, dan kemampuan memahami pelanggan diintegrasikan menjadi empathy (empati). Dengan demikian, terdapat lima dimensi utama yang disusun sesuai urutan tingkat kepentingan relatifnya sebagai berikut:
a.  Reliability (reliabilitas), berkaitan dengan kemampuan perusahaan untuk memberikan layanan yang akurat sejak pertama kali tanpa membuat kesalahan apapun dan menyampaikan jasanya sesuai dengan waktu yang disepakati.
b.    Responsiveness (daya tanggap), berkenaan dengan kesediaan dan kemampuan para karyawan untuk membantu para pelanggan dan merespons permintaan mereka, serta menginformasikan kapan jasa akan diberikan dan kemdian memberikan jasa secara cepat.
c.   Assurance (jaminan), yakni perilaku para karyawan mampu menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan perusahaan bias menciptakan rasa aman bagi para pelanggannya. Jaminan juga berarti bahwa para karyawan selalu bersikap sopan dan menguasai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani setiap pertanyaan atau masalah pelanggan.
d.  Empathy (empati), berarti perusahaan memahami masalah para pelanggannya dan bertindak demi kepentingan pelanggan, serta memberikan perhatian personal kepada para pelanggan dan memiliki jam operasi yang nyaman.
e.  Tangibles (bukti fisik), berkenaan dengan daya tarik fasilitas fisik, perlengkapan, dan material yang digunakan perusahaan, serta penampilan karyawan.


No comments:

Post a Comment