Melalui
serangkaian penelitian terhadap berbagai macam industry jasa, Parasuraman,
Zeithaml, dan Berry (1985) berhasil mengidentifikasi sepuluh dimensi pokok
kualitas jasa: 1. Reliabilitas (performance) 2. Responssivitas 3. Kompetensi 4.
Akses 5. Kesopanan (courtesy) 6. Komunikasi 7. Kredibilitas 8. Keamanan
(security) 9. Kemampuan memahami pelanggan 10. Bukti fisik (tangibles). Namaun
dalam riset selanjutnya, Parasuraman, Zeithaml, dan Berry (1988) menemukan
adanya overlapping diantara beberapa dimensi diatas. Oleh sebab itu, mereka
menyederhanakan sepuluh dimensi tersebut menjasi lima simensi pokok.
Kompetensi, kesopanan, kredibilitas, dan keamanan disatukan menjadi assurance (jaminan). Sedangkan akses,
komunikasi, dan kemampuan memahami pelanggan diintegrasikan menjadi empathy (empati). Dengan demikian,
terdapat lima dimensi utama yang disusun sesuai urutan tingkat kepentingan
relatifnya sebagai berikut:
a. Reliability (reliabilitas), berkaitan
dengan kemampuan perusahaan untuk memberikan layanan yang akurat sejak pertama
kali tanpa membuat kesalahan apapun dan menyampaikan jasanya sesuai dengan
waktu yang disepakati.
b. Responsiveness
(daya tanggap), berkenaan dengan kesediaan dan kemampuan para karyawan untuk
membantu para pelanggan dan merespons permintaan mereka, serta menginformasikan
kapan jasa akan diberikan dan kemdian memberikan jasa secara cepat.
c. Assurance (jaminan), yakni perilaku para
karyawan mampu menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan dan
perusahaan bias menciptakan rasa aman bagi para pelanggannya. Jaminan juga
berarti bahwa para karyawan selalu bersikap sopan dan menguasai pengetahuan dan
keterampilan yang dibutuhkan untuk menangani setiap pertanyaan atau masalah
pelanggan.
d. Empathy (empati), berarti perusahaan
memahami masalah para pelanggannya dan bertindak demi kepentingan pelanggan,
serta memberikan perhatian personal kepada para pelanggan dan memiliki jam
operasi yang nyaman.
e. Tangibles (bukti fisik), berkenaan
dengan daya tarik fasilitas fisik, perlengkapan, dan material yang digunakan
perusahaan, serta penampilan karyawan.
No comments:
Post a Comment